5 Langkah Mudah Bikin Konten yang Powerfull: Untuk Owner Sibuk dan Single Preneur!

Dani

Ads - After Post Image

Bikin konten iklan bagi sebagian orang mungkin sulit, apalagi bikin konten yang powerfull. Bagi owner bisnis yang sibuk dan singlepreneur pasti kelabakan. Tapi ada cara yang simpel dan mudah, untuk bikin konten selama sebulan dalam hitungan jam. Yuk langsung digasss.

5 Langkah Mudah Bikin Konten yang Powerfull - whydn.id
5 Langkah Mudah Bikin Konten yang Powerfull – Meja Kerja, Gambar diambil dari Canva

“Kalau mau menunggu hingga siap, kita akan menghabiskan waktu hidup kita hanya untuk menunggu.” – Lemony Snicket

Step 1, Riset Keyword

Anda lakukan riset keyword sesuai niche produk, untuk market lokal kombinasikan dengan trend google daily minimal diatas 10K+ searches.

Anda bisa menggunakan tools: Google search, Keywordtool.io, ubersuggest (neilpatel.com).

Untuk cara menggunakan keywordtool.io bisa ditonton di link ini https://www.youtube.com/watch?v=mZAJMurcrFQ.

Cara menggunakan ubersuggest bisa dibaca di artikel berikut ini https://www.niagahoster.co.id/blog/ubersuggest/.

Untuk cara menggunakan google search Anda tinggal ketik saja trend google di chrome engine laptop Anda.

Step 2, Bikin Copywriting

Setelah Anda mendapatkan data sesuai niche dan keyword produk (jangan lupa disimpan datanya), Anda bisa langsung melakukan step yang ke 2 yaitu bikin copywriting dengan Chat Gpt.

Pertama silahkan login atau register terlebih dahulu jika belum memiliki akun, cukup menggunakan akun gmail milik anda.

Jika belum memiliki akun gmail Anda bisa bikin dengan mengikuti tutorial di link berikut ini https://support.google.com/mail/answer/56256?hl=id.

Link https://openai.com/product/chatgpt.

Setelah memiliki akun, Anda bisa buat prompt yang sesuai dengan produk, misal: “Buatkan kalender konten untuk [bulan] depan yang mencakup [jumlah spesifik] tulisan blog dan [jumlah spesifik] konten media sosial”.

Contoh lain: Tuliskan 30 contoh headline yang menarik perhatian dari [jenis produk]
Silahkan disesuaikan dengan produk dan dibuat lebih kreatif.

Anda bisa belajar bikin prompt atau perintah sesuai dengan kreatifitas dan kebutuhan Anda.

Step 3, Produksi Konten dan Manajemen

Setelah memiliki ide konten dari Chat Gpt kita masuk ke Konten Manajemen menggunakan Canva (berbayar maupun gratis) untuk membuat (produksi) dan mengubah.

Sedangkan untuk postingan media sosial kita bisa menggunakan Meta business suite untuk mengatur jadwal postingnya.

Untuk membuat konten di canva anda tinggal masukkan copywriting yang sudah dibuat menggunakan chat gpt, jangan lupa siapkan dan gunakan foto produk terbaik untuk hasil yang lebih maksimal.

Setelah konten selesai dan siap, anda tinggal atur jadwal postingnya di meta business suite. Anda bisa mengatur posting untuk platform fb dan instagram sekaligus.

Link canva : https://www.canva.com/id_id/

Link meta business suite : https://business.facebook.com/

Untuk meta business suite anda bisa daftar menggunakan akun instagram jika tidak memiliki akun facebook.

Insight: Peak performance posting ada di jam 09.00, 15.00, 17.00 silahkan mencoba.

Step 4, Optimasi Market Lokal

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal di amrket lokal Anda bisa melakukan optimasi Google business profile dengan konten SEO yang telah dibuat menggunakan riset keyword di awal dan konten copywriting Chat Gpt.

Caranya anda tinggal update di add update Google Businesss Profile. Posting foto image produk yang telah dibuat di canva, dan copywriting SEO dari chat gpt yang sudah dibuat. Ada fitur button utk call to action ke Whatsapp yang bisa Anda gunakan.

Fitur Google business profile sangat membantu pemasaran produk lokal, SEO yang kita buat bisa langsung muncul di halaman pencarian, UMKM akan rugi jika tidak memanfaatkan fitur Google Businesss Profile.

Link : https://www.google.com/business/

Step 5, Optimasi Listing Database WA

Optimasikan closing dengan listing databse WA, caranya dengan memberikan offer yang menarik dan free untuk mendapatkan database. Silahkan disesuaikan dengan niche produk yang Anda miliki.

Insight sederhana yang telah kami lakukan: bikin campaign iklan free tester, semakin banyak yang tertarik free tester akan semakin banyak pula database calon customer yang masuk ke kita.

Tinggal mengatur strategi untuk follow up. Studi kasus dari iklan yang kami jalankan, dari 100 free tester yang terjaring masuk ada 60 closing untuk melakukan order produk, silahkan dicoba karena efek closing berbeda-beda tiap produk dan model business.

Jangan lupa setting button call to action di Facebook, Instagram maupun Google Business Profile dengan memanfaatkan fitur Whatsapp.

Selamat mencoba dan praktek dengan konsisten. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tags

Dani

3 thoughts on “5 Langkah Mudah Bikin Konten yang Powerfull: Untuk Owner Sibuk dan Single Preneur!”

  1. Pingback: 7 Cara Praktis Riset Produk Unggulan Bikin Omset Naik – Whydn Blog
  2. Pingback: 4 Cara Membuat Nama Google Business Profile yang SEO Friendly - Whydn Blog
  3. Pingback: 5 Tips Sederhana Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

Leave a Comment

Ads - Before Footer