Cara Update Foto di Google Business Profile: Panduan Singkat dengan 9 Langkah!

Dani

Ads - After Post Image

Bagaimana cara update foto di Google Business Profile? Apakah Anda ingin memperbarui foto di Google Business Profile (sebelumnya disebut Google My Business) Anda? Jika ya, berikut adalah panduan singkat tentang cara menambahkan foto ke listingan Google Anda.

9 Langkah Mudah Cara Update Foto di Google Business Profile

  1. Masuk ke akun Google yang terhubung ke Google Business Profile Anda. Pastikan Anda menggunakan akun yang benar-benar terhubung dengan profil bisnis Anda
  2. Setelah masuk, cari ikon kisi di sudut kanan atas layar. Klik ikon ini untuk membuka menu drop-down
  3. Di dalam menu drop-down, cari dan klik ikon “Google Bisnis”. Ini akan membawa Anda ke halaman Google Penelusuran dengan daftar bisnis Anda*
  4. Di halaman Google Penelusuran, cari bisnis Anda dengan menggunakan kotak pencarian. Ketikkan nama bisnis Anda dan pilih bisnis yang benar dari hasil pencarian*
  5. Setelah Anda memilih bisnis Anda, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian atas halaman. Klik opsi “Tambahkan Foto” di bawah bagian “Bisnis Anda di Google”
  6. Setelah Anda mengklik “Tambahkan Foto”, Anda akan melihat beberapa pilihan jenis foto yang dapat Anda perbarui. Pilih salah satu dari tiga opsi berikut: “Foto”, “Logo”, atau “Foto Sampul”. Pilih opsi yang sesuai dengan jenis foto yang ingin Anda perbarui
  7. Setelah Anda memilih jenis foto, Anda dapat mengunggah foto baru dari komputer Anda. Klik tombol “Unggah Foto” dan cari foto yang ingin Anda tambahkan. Pastikan foto yang Anda unggah sesuai dengan panduan dan kebijakan Google
  8. Setelah Anda mengunggah foto, Anda dapat melihat pratinjau foto di halaman tersebut. Pastikan foto terlihat dengan jelas dan mewakili bisnis Anda dengan baik
  9. Setelah Anda puas dengan foto yang Anda unggah, klik tombol “Simpan” atau “Perbarui” untuk menyimpan perubahan Anda. Foto baru Anda akan segera ditampilkan di Google Business Profile Anda.

*Jika Anda memiliki beberapa lokasi bisnis, pastikan Anda memilih lokasi yang benar saat Anda mencari bisnis Anda, di langkah 3 dan 4. Setiap foto lokasi harus diedit satu per satu.

Poin Penting Konten Foto

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari foto Anda di Google, berikan gambar terbaru untuk bidang Google Business Profile berikut:

  • Logo: Pastikan logo bisnis Anda terlihat jelas dan mudah dikenali. Logo yang baik akan membantu meningkatkan kesan profesional dan merek bisnis Anda.
  • Karyawan: Jika Anda ingin menampilkan tim Anda, unggah foto karyawan yang terbaru dan mewakili mereka dengan baik. Ini akan membantu pelanggan mendapatkan gambaran tentang orang-orang di balik bisnis Anda.
  • Foto eksterior bangunan: Jika Anda memiliki foto eksterior bangunan bisnis Anda, pastikan foto tersebut terlihat menarik dan mewakili bisnis Anda dengan baik. Ini akan membantu pelanggan mengenali dan menemukan bisnis Anda dengan mudah.
  • Area umum dan ruangan: Jika Anda ingin menampilkan area umum atau ruangan di dalam bisnis Anda, unggah foto yang mewakili suasana dan desain interior bisnis Anda. Ini akan memberikan gambaran kepada pelanggan tentang apa yang mereka harapkan ketika mengunjungi bisnis Anda.
  • Produk atau layanan: Jika Anda ingin menampilkan produk atau layanan yang Anda tawarkan, unggah foto yang menarik dan mewakili produk atau layanan tersebut. Ini akan membantu pelanggan mendapatkan gambaran tentang apa yang mereka dapatkan ketika menggunakan produk atau layanan Anda.
  • Makanan dan minuman (jika ada): Jika Anda memiliki bisnis di industri makanan dan minuman, unggah foto makanan dan minuman yang menggiurkan. Pastikan foto tersebut terlihat lezat dan mengundang selera. Ini akan membantu pelanggan memilih dan memesan makanan atau minuman dari bisnis Anda.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah memperbarui foto di Google Business Profile Anda. Pastikan foto yang Anda unggah mewakili bisnis Anda dengan baik dan memberikan kesan yang positif kepada pelanggan potensial.

Apa yang Anda Harapkan Setelah Update Foto di Google

Setelah Anda memperbarui foto profil bisnis Anda di Google, ada beberapa hal yang dapat Anda harapkan. Namun, perlu diingat bahwa Google perlu meninjau dan memverifikasi foto Anda sebelum mempublikasikannya. Proses ini dapat memakan waktu beberapa waktu, tetapi ada beberapa status yang menunjukkan di mana foto Anda berada dalam proses verifikasi.

Tertunda

Ini berarti bahwa foto Anda sedang ditinjau oleh Google dan belum dipublikasikan. Anda perlu bersabar dan menunggu hingga proses ini selesai.

Tidak disetujui

Jika foto Anda tidak memenuhi kebijakan foto dan video Google, maka foto tersebut tidak akan disetujui. Anda perlu memperhatikan kebijakan ini dan memastikan bahwa foto Anda sesuai sebelum mengunggahnya.

Live

Jika foto Anda telah melewati proses verifikasi dan disetujui oleh Google, maka foto tersebut akan muncul di profil bisnis Anda dan dapat dilihat oleh calon pelanggan.

Meskipun Google tidak memberikan perkiraan waktu yang pasti untuk proses verifikasi ini, biasanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Jika foto Anda belum dipindahkan ke status “Live” setelah satu minggu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Pastikan bahwa foto Anda memenuhi kebijakan foto dan video Google. Jika ada masalah dengan foto Anda, perbaiki masalah tersebut sebelum mengunggahnya kembali.

Jika Anda masih tidak yakin mengapa foto Anda tidak muncul di listingan Google setelah memperbaiki masalahnya, Anda dapat menghubungi Google melalui Pusat Bantuan Google Profil Bisnis. Mereka akan dapat memberikan informasi lebih lanjut dan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.

Mengapa Anda Harus Memperbarui Foto Profil Google Bisnis Anda?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memperbarui foto profil bisnis Anda di Google. Dengan memberikan informasi terbaru kepada calon pelanggan dan Google tentang bisnis Anda, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik bisnis Anda.

Google menyukai konten baru, dan dengan memperbarui foto Anda, Anda dapat meningkatkan peluang bisnis Anda muncul dalam hasil pencarian. Selain itu, calon pelanggan juga dapat menggunakan foto untuk membuat keputusan tentang apakah mereka ingin menggunakan jasa atau membeli produk dari bisnis Anda.

Jika Anda telah melakukan perubahan pada tampilan fisik toko atau tempat usaha Anda, mengunggah foto yang memamerkan perubahan tersebut dapat membantu calon pelanggan mengetahui apa yang diharapkan saat mengunjungi lokasi Anda. Ini juga dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap dan realistis tentang apa yang ditawarkan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan foto produk baru, branding, dan bahkan foto karyawan yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Ini dapat membantu calon pelanggan dan Google mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bisnis Anda dan apa yang ditawarkan.

Dalam era digital saat ini, memiliki foto profil bisnis yang menarik dan relevan sangat penting. Dengan memperbarui foto Anda di Google, Anda dapat meningkatkan peluang bisnis Anda untuk menarik perhatian calon pelanggan dan mendapatkan keuntungan lebih besar.

FAQ

Berapa Banyak Foto yang Harus Saya Tambahkan ke Daftar Google Saya?

Tidak ada jumlah minimum atau maksimum foto yang diperlukan untuk Google Profil Bisnis Anda. Namun, Google merekomendasikan untuk memulai dengan tiga foto berbeda untuk masing-masing kategori utama:

  • Gambar bangunan interior dan eksterior
  • Area umum dan ruangan
  • Produk atau layanan
  • Makanan dan minuman
  • Karyawan

Bagaimana Saya Menghapus Foto Saya Sendiri Dari Google Business Profile Saya?

Untuk menghapus foto Anda sendiri dari Google Profil Bisnis:

  • Masuk ke Google Profil Bisnis Anda
  • Pilih ikon petak Google Apps di kanan atas
  • Klik ikon “Google Bisnis” untuk melihat laman Google Penelusuran bisnis Anda
  • Klik foto yang terlihat paling atas di panel Pencarian Google Anda di sebelah kanan
  • Pilih foto yang ingin Anda hapus
  • Klik ikon tempat sampah di pojok kanan atas setiap foto untuk dihapus

Bagaimana Cara Menghapus Foto dari Pelanggan di Google Business Profile?

Untuk menghapus foto buatan pengguna dari Google Business Profile, Anda harus menandai foto untuk dihapus dan Google harus menyetujuinya. Berikut cara menandai foto:

  • Masuk ke Google Profil Bisnis Anda
  • Klik ikon kisi di pojok kanan atas browser Anda
  • Klik ikon “Google Bisnis” untuk melihat bisnis Anda di Google Penelusuran
  • Pilih foto pertama yang terlihat di panel Google Penelusuran sebelah kanan
  • Klik tab “Terbaru” dan telusuri foto terbaru yang diunggah pelanggan untuk menemukan foto yang ingin Anda hapus
  • Pilih ikon bendera di pojok kanan atas untuk “Laporkan masalah” pada foto
  • Pilih dari daftar alasan menandai foto atau jelaskan alasan Anda dengan memilih “Lainnya”

Disclaimer : Panduan ini jadi akan sedikit berbeda jika ada update dari Google

Butuh bantuan untuk mengoptimalkan Google Business Profile? Kami dapat membantu! Lihat tips Google Business Profile lainnya atau mulai bersama kami hari ini.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Dani

2 thoughts on “Cara Update Foto di Google Business Profile: Panduan Singkat dengan 9 Langkah!”

  1. Pingback: 4 Cara Membuat Nama Google Business Profile yang SEO Friendly - Whydn Blog
  2. Pingback: Cara Mengubah File Image dari JPG atau PNG ke Format WebP. Begini 3 Langkah Mudahnya. - Whydn Blog

Leave a Comment

Ads - Before Footer