Google Posting: Panduan untuk Pemula Menjadi Nomor 1 di Pencarian Lokal

Dani

Ads - After Post Image

Pada tahun 2017, Google merilis fitur Posting Google Business Profile kepada semua bisnis yang telah diverifikasi di Google Business Profile sebelumnya dikenal sebagai Google My Business.

Fitur ini memungkinkan pemilik bisnis untuk berbagi berbagai konten seperti pengumuman perusahaan, produk baru, atau detail acara dengan pelanggan mereka yang menemukannya melalui Google.

Namun, apa sebenarnya Posting Google Business Profile? Dan bagaimana bisnis Anda dapat mengambil manfaat dari penggunaannya? Simak panduan ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Apa Itu Google Posting?

Postingan Google adalah fitur sosial yang memungkinkan Anda berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui Google Business Profile.

Dengan fitur ini, Anda dapat berbagi pesan dan informasi dengan pelanggan Anda secara langsung. Konten dari postingan Google akan muncul di panel pencarian lokal, baik di hasil pencarian Google maupun di Google Maps.

Postingan Google memiliki batasan 300 kata, namun hanya 100 kata pertama yang akan muncul di daftar Google Anda.

Meskipun terbatas, fitur ini sangat berguna untuk menyebarkan berita tentang promosi, memberi tahu pelanggan tentang produk dan layanan Anda, serta membantu Anda mengoptimalkan listingan Google untuk menarik trafik baru.

Selain itu, postingan Google juga dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas bisnis Anda di platform Google. Dengan memanfaatkan kata kunci yang relevan dan menarik, Anda dapat meningkatkan peringkat listingan Google Anda dalam hasil pencarian lokal.

Jenis Postingan Google

Beberapa perbedaan jenis postingan Google meliputi:

Updates : Berikan update informasi tentang apa yang terjadi di bisnis Anda
Events : Beri tahu orang-orang tentang acara yang akan datang di toko Anda
Offers : Mempromosikan penjualan dengan waktu yang terbatas

Meskipun Anda mungkin melihat opsi untuk memposting produk saat membuat postingan, postingan produk tidak akan ditampilkan sebagai postingan Google. Sebaliknya, postingan produk akan ditampilkan di bagian produk di listingan Google Business Profile Anda.

Postingan Google dapat menjadi peluang besar untuk menampilkan produk atau layanan baru, prestasi karyawan, peluang kerja, promosi, acara yang akan datang, dan masih banyak lagi.

Semua ini akan ditampilkan secara langsung di listingan Google Anda saat pengguna search engine menemukan Anda dalam penelusuran.

Cara Membuat Postingan Google

Setelah Anda memutuskan jenis postingan yang ingin Anda publikasikan, membuat postingan di Google cukup mudah:

  1. Masuk ke akun Google Business Profile Anda.
  2. Pilih opsi “Pos” di menu.
  3. Klik “Tulis Postingan Anda”.
  4. Pilih jenis postingan yang ingin Anda tulis.
  5. Tulis konten postingan Anda.
  6. Jika diinginkan, tambahkan foto.
  7. Pratinjau postingan untuk memastikan tampilannya benar.
  8. Terakhir, klik “Publikasikan” untuk mempublikasikan postingan Anda.

Manfaat Menggunakan Google Posting

Jadi, mengapa Anda harus menggunakan Google Posting? Dari mengarahkan trafik ke halaman tertentu hingga menjangkau local audience melalui postingan yang dapat Anda bagikan, berikut adalah beberapa manfaat utama membuat postingan Google.

Mengarahkan Orang ke Halaman Tertentu

Saat Anda membuat postingan Google, Anda dapat menambahkan tombol button yang memungkinkan Anda mengarahkan trafik ke beranda atau halaman spesifik lainnya di situs web Anda.

Misalnya, jika postingan Google Anda menyebutkan penawaran khusus dari bisnis Anda, Anda dapat mengarahkan pelanggan ke halaman penawaran tanpa membeli iklan.

Menjangkau lokal audiens dengan Postingan yang Anda bagikan

Mereka yang melihat kiriman postingan Anda dapat membaginya dengan teman melalui email dan media sosial.

Jika Anda menulis konten postingan Google yang menarik dan terlibat dengan audiens Anda, mereka mungkin tertarik melakukannya!

Opsi berbagi atau share ini memberi Anda peluang untuk menjangkau audiens di luar mereka yang telah menemukan bisnis lokal Anda di penelusuran Google.

Libatkan Audiens Anda

Saat memposting melalui listingan GBP Anda, Anda dapat menampilkan konten pada waktu yang tepat dan dapat ditindaklanjuti, yang memudahkan Anda untuk terlibat langsung dengan pencari.

Hal ini memudahkan untuk melakukan penawaran musiman, peluncuran produk baru, promosi khusus, pembaruan darurat, atau penjualan kilat. Semua hal yang mungkin sudah dicari dan ingin melibatkan audiens target Anda.

Tingkatkan Listingan Profil Bisnis Google Anda

Postingan memang tidak dianggap sebagai faktor peringkat langsung yang kuat, tetapi postingan membantu Anda membuat profil yang lebih lengkap.

Mereka juga dapat membantu meningkatkan keterlibatan audiens, yang pada gilirannya, dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian.

Jika listing Google Anda lengkap, Google akan mengenalinya dan kemungkinan besar akan menampilkannya pada pencari di penelusuran.

Google posting Anda dapat berdampak besar terhadap SEO lokal karena mendorong orang untuk berinteraksi dengan listingan Anda.

Semakin banyak interaksi bermakna yang Anda peroleh, semakin besar peluang bisnis Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam penelusuran.

Tips untuk Memulai & Mengelola Postingan Google

Memulai dengan strategi SEO berbasis konten terasa menakutkan. Jadi, di mana sebaiknya Anda memulai? Bagaimana Anda bisa menghasilkan konten yang efektif? Dan bagaimana Anda tahu apakah postingan Google Anda berhasil?

Berikut adalah beberapa tips untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan memantau dampak postingan Google Anda.

Manfaatkan Konten yang Sudah Ada

Salah satu hal yang paling menakutkan saat memulai posting di Google adalah membuat konten baru.

Namun, Anda tidak perlu membuat konten yang sepenuhnya baru! Gunakanlah posting informatif dari saluran media sosial Anda sebagai konten untuk posting di Google.

Misalnya, Anda dapat menggunakan posting yang menyoroti produk, pengalaman pelanggan, atau pencapaian karyawan dari kanal media sosial Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat membangun keaslian merek dan memastikan konsistensi konten Anda di berbagai saluran.

Buat Konten yang Dapat Ditindaklanjuti

Pastikan setiap posting di Google memiliki tujuan yang spesifik dan buatlah konten yang membantu mencapai tujuan tersebut.

Jika Anda ingin postingan Anda mendapatkan lebih banyak panggilan telepon, sebutkan manfaatnya bagi konsumen dan buatlah Call-to-Action (CTA) yang memungkinkan konsumen untuk menelepon langsung dari daftar listingan.

Pastikan semua posting Anda memiliki CTA yang dapat difollowup. Jika Anda ingin memberikan informasi untuk mengedukasi konsumen, buatlah tombol CTA “Pelajari Lebih Lanjut” yang mengarahkan pengguna ke halaman di situs web Anda dengan informasi lebih lanjut tentang topik tersebut.

Jika Anda ingin mendorong pesanan online untuk produk baru, gunakanlah CTA “Pesan Sekarang” yang mengarahkan konsumen ke titik penjualan produk tersebut.

Anda juga dapat menambahkan link di dalam teks postingan Anda yang mengarahkan pengguna ke konten terkait di halaman web Anda. Sertakan URL Anda di postingan Google setiap kali memungkinkan untuk memudahkan calon pelanggan mengakses situs web Anda.

Buat Konten Kalender

Memposting konten secara konsisten di seluruh platform Anda, termasuk listingan Google, adalah salah satu strategi SEO lokal paling dasar untuk membantu mendorong lebih banyak trafik ke situs web Anda.

Buat konten kalender yang dibuat untuk memenuhi dan mencapai tujuan tertentu. Jika Anda menyelenggarakan banyak acara, jadwalkan sebanyak mungkin sebelumnya.

Kemudian, rencanakan agar postingan acara Google Anda ditayangkan satu atau dua minggu sebelumnya.

Representasi fisik yang menjabarkan konten apa yang akan Anda buat dan kapan Anda akan mempostingnya adalah cara yang bagus untuk membuat diri Anda bertanggung jawab.

Dengan demikian, mengoptimalkan daftar listingan Google Bisnis Anda dari waktu ke waktu lebih mudah dicapai.

Monitoring Postingan Google

Saat login ke akun Google Business Profile, Anda dapat memantau postingan apa yang paling banyak dilihat dan diklik orang.

Dengan menggunakan hasil laporan performa ini, brand Anda dapat menyesuaikan postingan yang akan datang untuk mendorong interaksi serupa.

Saat menganalisis metrik postingan Google, lihat bagaimana orang berinteraksi dengan konten postingan selama masa postingan.

Ini akan memberi Anda ide yang lebih baik tentang kapan orang melihat postingan Anda yang dapat membantu Anda menyesuaikan konten baru yang akan Anda rilis untuk trafik yang lebih tinggi pada hari-hari tersebut.

Jika Anda melihat tidak ada banyak klik pada postingan Anda, coba gunakan foto yang lebih menarik untuk menarik perhatian pengguna.

FAQ

Apakah Google Posting Gratis?

Ya, postingan Google gratis untuk siapa saja yang mengelola akun Google Business Profile.

Seberapa Sering Saya Harus Membuat Postingan Google?

Anda harus membuat Google Post setidaknya seminggu sekali agar selalu ada yang ditampilkan di listingan Anda.

Berapa Lama Postingan Google Bertahan?

Postingan Google bertahan selama yang Anda inginkan. Meskipun postingan Google biasanya kedaluwarsa setelah tujuh hari, sekarang tidak ada batasan. Postingan baru akan muncul di depan postingan lama di listingan Anda, jadi setelah Anda memiliki cukup postingan, pengguna harus mengklik “Lihat Lainnya” untuk melihat postingan lama Anda.

Di Mana Postingan Google Muncul?

Postingan Google dapat ditemukan di panel pencarian lokal dari Halaman Hasil Mesin Pencari (SERPs). Mereka muncul berdasarkan relevansinya dengan kueri kata kunci penelusuran, di bawah ulasan, dan di bawah deskripsi bisnis di daftar listingan Google Bisnis.

Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Postingan Google?

Waktu terbaik untuk mempublikasikan postingan Google bergantung pada apa yang ingin Anda capai melalui postingan tersebut. Warung kopi ingin menerbitkan postingan selama akhir pekan dan awal hari kerja sehingga orang yang mencari kopi selama perjalanan pagi akan melihatnya. Tapi toko pizza ingin postingan disiapkan sebelum akhir pekan dan sore hari pada hari kerja untuk mendorong trafik pembelian untuk makan malam.

*Perlu bantuan mengelola Google Business Profile Anda? Landingup.id secara khusus membuat produk layanan untuk membantu bisnis kecil mengklaim, memperbarui, dan mengelola Google Business Profile mereka. Mulailah hari ini, hubungi kami sekarang!

Bagikan:

Ads - After Post Image

Dani

1 thought on “Google Posting: Panduan untuk Pemula Menjadi Nomor 1 di Pencarian Lokal”

  1. Pingback: Memahami Dengan Mudah Google Business Profile [3 Keuntungan] – Whydn Blog

Leave a Comment

Ads - Before Footer